Cara Test Kabel LAN Tanpa LAN Tester

Kali ini saya share software bernama Realtek Ethernet Diagnostic Utility, tool ini dapat Anda gunakan untuk menguji kualitas dari LAN Card dan Kable LAN. Dengan software ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli alat yang dinamakan “LAN Tester“. Cara penggunaanya mudah, tinggal install saja lalu pilih LAN Card yang akan diuji dan jenis test, ada test diagnostic, send and receive, serta pengkabelan, apakah baik atau tidak.


Gambar Kabel Lan Patch Straight dan Cross
Yang akan saya bahas kali ini adalah test pengkabelan karena test ini paling sering digunakan oleh ahli jaringan, masih sama seperti tadi, pilih LAN Card, jenis test adalah ”Cable”, dapat dilihat Link Speednya (tergantung dari jenis LAN Card apakah Ethernet biasa atau Gigabit Ethernet) bila berbeda dari yang seharusnya, maka terjadi kesalahan dalam setting jaringan.


Lihat pula pada pair, length, dan status. Pair menunjukkan koneksi dari tiap susuan kabel (tergantung jenis pengkabelan, crossover, straightover, atau loopback), pada gambar di atas, saya menggunakan kabel loopback, jadi yang akan digunakan adalah kabel nomor 1-2 dan 3-6, length menunjukkan panjang kabel dalam satuan meter, status menunjukkan status pengkabelan saat ini, bila normal berarti kabel telah terhubung, open berarti kabel rusak atau putus, dll.

Download Tools RealTek Disini:

Sekarang Anda tidak perlu lagi membeli LAN Tester, apalagi yang digital lengkap dengan pendeteksi panjang kabel dan kerusakan, karena di sini semuanya sudah ada.
Selamat belajar dan Semoga Bermanfa'at..