Vertigo, Terpilih Sebagai Film Terbaik Sepanjang Masa



Film Vertigo karya Alfred Hitchcock mengalahkan film Citizen Kane karya Orson Welles sebagai film terbaik sepanjang masa menurut jajak pendapat majalah Sight and Sound. Majalah itu melakukan jajak pendapat dengan responden para pakar mereka sekali setiap 10 tahun dan Citizen Kane selama 50 tahun terakhir selalu menjadi pilihan utama mereka.

Kali ini, 846 distributor, kritikus, akademisi, dan penulis memilih film Hitchcock (produksi 1958), yang bercerita tentang seorang pensiunan polisi yang takut akan ketinggian. Diperankan oleh James Stewart dan Kim Novak, Vertigo mengalahkan Citizen Kane dengan 34 suara. Dalam jajak pendapat terakhir 10 tahun lalu, film itu hanya terpaut lima suara di bawah Kane.

Hitchcock menyebutnya sebagai filmnya yang paling pribadi, dengan salah satu tema kesukaan sang sutradara yaitu cinta sebagai suatu kegemaran yang merendahkan harga diri wanita dan membuat pria menjadi gila.

Film itu diawali dengan petugas polisi Scotty Ferguson (Stewart) pensiun dari pekerjaannya setelah vertigonya menyebabkan kematian rekannya saat mereka melakukan pengejaran di atap sebuah gedung. Ia kemudian disewa oleh seorang teman lama, yang memiliki istri bernama Madeleine (Novak), karena Madeleine menunjukkan perilaku aneh.

Di sepanjang film dengan latar belakang langit San Fransisco itu, ada puluhan kejutan yang menantang pemahaman penonton akan karakter-karakter serta peristiwa-peristiwa yang ditampilkan.

Vertigo terkenal karena trik kamera yang diciptakan Hitchcock untuk mewakili vertigo Scotty, yaitu pengambilan gambar dari jarak dekat dan jarak jauh secara berbarengan yang menciptakan ilusi disorientasi bernama dolly zoom atau shot trombone.

Sebagaimana film Citizen Kane (1941), Vertigo menerima bermacam komentar pasca pemutaran di bioskop, tetapi film itu mendapat banyak penghormatan seiring waktu.





sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2012/08/120802_vertigomovie.shtml