10 Taktik Pemasaran Efektif Melalui Social Media



Saat Anda mulai menjalankan bisnis baru, Anda harus merbut perhatian konsumen. Salah satu cara tercepat untuk memulai ialah dengan memudahkan calon pembeli menemukan Anda. Mulailah dengan mengembangkan taktik marketing yang memberikan nilai tambah dan melibatkan pelanggan lebih baik.

Taktik jejaring sosial yag sederhana dapat secara tak langsung membantu Anda melakukan ini dan jika Anda melakukannya dengan benar , traffic akan naik, mengubah pengunjung menjadi pembeli, mengubah prospek menjadi penjualan dan mungkin mengubah pelanggan menjadi konsumen setia yang membawa margin laba yang tinggi bagi bisnis Anda.

Dengan demikian jika Anda membutuhkan sejumlah ide cemerlang untuk menggairahkan kembali upaya marketing Anda, Anda bisa membaca kiat berikut ini. Semuanya bisa Anda terapkan dalam waktu kurang dari 10 hari.

1. Buat konten Anda bekerja lebih keras: Ciptakan panduan kiat ringkas bagi industri Anda agar bisa dipublikasikan dalam blog perusahaan Anda dan gunakan kembali dan jadwal kembali kalimat khusus untuk email blast, posting di dinding Facebook, dan Twitter.

2. Ceritakan sesuatu: Jadwal sejumlah tweet pertanyaan dan jawaban bagi pengikut/ penggemar Anda lalu bagikan hasilnya dengan Storify.com yahg diintegrasikan dalam blog perusahaan Anda (jika ada) dan jejaring sosial Anda.Undang orang lain untuk berbagi pendapat dalam hasil pertanyaan dan jawaban untuk meningkatkan keterlibatan.

3. Komunikasikan dengan lebih akurat: Gunakan SocialBro.com untuk mendapatkan informasi lebih akurat mengenai komunitas pengikut Anda di Twitter  termasuk di mana pengikut Anda berasal, bahasa yang mereka gunakan, kegiatan mereka di twitter dan sebagainya, kemudian bidik konten Anda dengan lebih akurat yang kemudian akan menghasilkan lebih banyak retweet (RT) dan jangkauan pesan yang lebih tinggi.

4. Manusiakan pemasaran Anda: Dalami data penjualan Anda , dan wawancarailah  pelanggan Anda yang tersohor dan bagikan hasil wawancara itu di situs, email, blog, newsletter elektronik dan kanal-kanal social media.

5. Kembangkan screencast: Buatlah panduan prosedural menggunakan aplikasi Screenr (Screenr.com) mengenai bagaimana melakukan sesuatu (menjelajahi situs Anda, menggunakan produk online Anda, dana sebagainya) dalam sebuah screencast, video penjelasan atau menunjukkan langkah-langkah dalam serangkaian foto.

6. Selenggarakan event social media secara online: Undanglah tamu yang relevan dengan industri Anda untuk tampil dalam laman Facebook Anda untuk sehari dan berinteraksi secara langsung dengan anggota komunitas. Promosikan event social media sepanjang memungkinkan dalam segala kontak dengan pelanggan Anda.

7. Luncurkan kontes foto di Facebook: Unggah foto-foto ceria berisi orang yang menggunakan produk Anda. Misalnya jika Anda memiliki usaha ubin, Anda bisa mencoba menarik pelanggan untuk mengunggah bagaimana ekspresi gembira mereka dengan mencium ubin produksi Anda yang baru mereka pasang di rumahnya. Kemudian mintalah para fans di Facebook untuk memberikan pendapat mereka mengenai foto mana yang paling bagus dan menarik.Ini bisa membuat penyuka laman Anda merasa lebih terlibat dan menarik orang lain untuk menjadi penyuka.

8. Gunakan presentasi: Ciptakan presentasi Slideshare (slideshare.net) mengenai pertanyaan dan jawaban konsumen dan bagikan dalam sebuah posting/ artikel blog. Berikan presentasi tersebut tag yang relevan dengan kata kunci tertentu untuk perusahaan Anda dan industri yang bersangkutan untuk meningkatkan kelebihan SEO.

9. Buat video perusahaan: Rekamlah video pendek sederhana tetapi menarik, mintalah pelanggan untuk mengirimkan foto dan buat video disertai musik  untuk perusahaan Anda emnggunakan layanan Animoto dan unggahlah dalam blog perusahaan.

10. Minta untuk bertindak: Imbauan untuk bertindak atau “call for actions” sangat penting. Anda memberikan banyak bonus gratis di social media dan menciptakan banyak nilai sehingga jangan cemas dan takut untuk meminta pengunjung melakukan sesuatu untuk Anda. Tambahkan imbauan bertindak yang dapat meningkatkan prospek bisnis atau mendapatkan seseorang yang tertarik untuk menjadi konsumen setia produk Anda.


SUMBER