Cara Mempercepat Startup Windows Xp

Pernahkah sobat mengalami masalah pada komputer? Mungkin kebanyakan jawaban pasti pernah. Salah satunya adalah lola atau loading lama pada saat startup di Windows Xp. Pada posting kali ini saya akan berbagi kembali tips untuk mempercepat loading startup pada windows xp.

Tahukah sobat apa yang menyebabkah startup pada windows xp dapat berlangsung lama? Hal itu biasanya terjadi apabila kita menambah program - program yang terinstall pada komputer kita. Terutama menambahkan program Antivirus. Antivirus membuat loading startup menjadi lama karena antivirus melakukan start atau memulai kerjanya pada saat komputer dihidupkan. Jadi akhirnya mengganggu pada kecepatan startup komputer kita.

Selain antivirus banyak software atau aplikasi - aplikasi lain yang dapat menyebabkan loading startup komputer kita menjadi lama. Cara untuk mengatasinya adalah dengan kita melarang mereka(software) tersebut untuk melakukan startup pada saat komputer dihidupkan. Berikut Cara untuk melarang software melakukan startup secara otomatis :

  1. Pertama-tama, buka Start Klik Run,
  2. Setelah jendela Run terbuka, tulis pada kotak pencarian msconfig,
  3. Apabila jendela System Configuration Utility terbuka, klik pada tab Startup,
  4. Terakhir Uncheck atau jangan beri tanda centang pada aplikasi yang tidak diperlukan, misalnya Adobe Reader, Winamp, IDman, Clbatex, atau program apapun yang dianggap bukan penunjang Windows.
  5. Setelah itu akan muncul jendela untuk restart komputer atau keluar dari jendela tanpa restart. Saya sarankan untuk restart komputer agar bisa langsung terlihat perbedaannya.
Selesai, akhirnya dapat dipastikan bahwa loading startup pada windows sobat tidak akan lola/loading lama lagi. Mengapa demikian? seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa program - program itulah yang membuat startup windows kita menjadi lama. Jadi alangkah baiknya bagi kita untuk melarang mereka berjalan pada saat komputer dihidupkan.

Cara ini juga berlaku untuk windows 7, perbedaannya kita hanya tidak perlu melakukan pencarian dengan cara mengklik Run karena pada windows 7 sudah terdapat pencarian begitu Start Menu dibuka.
Semoga bermanfa'at, sekian dan Terima Kasih..