10 Tokoh Fiksi Terkaya di Dunia



Keberuntungan sepertinya masih berpihak pada Carlisle Cullen. Kepala keluarga vampir dalam serial Twilight ini lagi-lagi berhasil menembus jajaran tokoh terkaya versi majalah Forbes.

Walaupun hanya tokoh fiksi, tokoh yang dalam filmnya diperankan oleh Peter Facinelli ini memang dikenal kaya raya. Sayangnya, setelah berhasil meraih peringkat dua pada tahun 2011, tahun ini dia harus turun ke posisi 3.

Carlisle Cullen ternyata bukan satu-satunya tokoh yang mengalami penurunan peringkat. Paman Gober aka Scrooge McDuck yang tahun lalu berhasil meraih posisi tertinggi ternyata harus terlempar dari daftar 10 tokoh fiksi terkaya.

So, siapa saja yang masuk dalam daftar tokoh fiksi terkaya tahun 2012. Yuk kita simak daftar dan ulasannya?

Peringkat 10 - Lisbeth Salander



Lisbeth Salander adalah tokoh utama dalam novel penulis sekaligus jurnalis asal Swedia bernama Stieg Larsson. Dia pertama kali muncul dalam novel yang bertajuk THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO.
Setelah sukses dengan novel pertama, gadis yang berprofesi sebagai hacker ini kembali muncul di seri novel selanjutnya. Karena ceritanya yang unik, kisahnya pun diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Rooney Mara.
Tak disangka bahwa pekerjaannya sebagi hacker ternyata menghasilkan uang banyak. Forbes memperkirakan bahwa dia berhasil mengumpulkan harta hingga US$ 2,4 miliar (Rp 22,56 triliun).


Peringkat 9 - Forrest Gump



Forest Gump adalah cerita dalam novel yang ditulis oleh Winstom Groom yang ditulis tahun 1986. Karena ceritanya yang unik, novel ini diangkat ke layar lebar dan berhasil meraih sukses.
Forest Gump (diperankan oleh Tom Hanks) adalah seorang pria yang memiliki IQ hanya 75. Gara-gara kecerdasannya yang di bawah rata-rata itu, dia tak pernah menyadari bahwa dia telah bertemu banyak hal penting dalam hidupnya.
Kekayaan tokoh ini berasal dari perusahaan Apple Inc yang dijalankannya. Menurut perkiraan Forbes, hartanya bisa mencapai US$ 5,7 miliar (Rp 53,58 triliun). Kadang memang tak perlu cerdas untuk jadi kaya.


Peringkat 8 - Bruce Wayne



Tentunya semua orang sudah tahu dengan tokoh legendaris yang satu ini. Dia adalah orang di balik tokoh superhero legendaris, Batman. Karakter ini sudah mulai muncul sejak tahun 1939.
Tokoh Batman sendiri diciptakan oleh seniman Bob Kane, penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Kisah legendarisnya telah diangkat ke layar lebar dan diperankan oleh Christian Bale.
Harta yang dimiliki Bruce Wayne sendiri berasal dari warisan orang tuanya yang kaya raya. Jika dihitung, total harta yang dia miliki mencapai US$ 6,9 miliar (Rp 64,86 triliun). Fantastis!


Peringkat 7 - Charles Foster Kane



Merangkak ke peringkat ketujuh, maka kita akan bertemu dengan tokoh yang satu ini. Charles Foster Kane adalah salah satu karakter fiksional dalam film CITIZEN KANE.
Film yang populer pada tahun 1941 ini diperankan oleh Orson Welles, sedangkan Kane kecil diperankan oleh Buddy Swan. Kane dikenal sebagai maestro media yang memiliki kekayaan melimpah.
Hanya dari media saja, tokoh ini diceritakan telah meraih penghasilan yang cukup besar. Forbes memperkirakan bahwa hartanya mencapai US$ 8,3 miliar (lebih dari Rp 78 triliun).


Peringkat 6 - Richie Rich




Kekayaan orang tuanya yang berlimpah telah membuat Richie Rich menjadi anak terkaya di dunia. Sejak kecil, tak ada keinginan Richie yang tak bisa dipenuhi orang tuanya.
Berawal dari cerita komik, kisah Richie Rich pun diangkat ke layar lebar pada tahun 1994. Macaulay Culkin pun didapuk memerankan tokoh dan berhasil membawakannya dengan sukses.
Jika dihitung secara keseluruhan, harta warisan bocah ini bisa mencapai US$ 8,9 miliar (Rp 83,66 triliun). Benar-benar uang saku yang besar untuk ukuran anak-anak. :)


Peringkat 5 - Tony Stark



Ini dia salah satu superhero yang kaya raya. Didukung oleh kepintarannya, tak heran jika dia berhasil menciptakan berbagai teknologi super canggih untuk mendukung aktivitasnya sebagai pahlawan.
Toni Stark sendiri adalah tokoh dalam serial komik IRON MAN yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Saking populernya, cerita ini pun diangkat menjadi film layar lebar, dan diperankan oleh Robert Downey Jr.
Harta yang diperoleh Stark kebanyakan memang warisan keluarga. Namun setelah dikembangkan sendiri, Forbes mencatat bahwa penghasilannya mencapai US$ 9,3 miliar (Rp 87,42 triliun).


Peringkat 4 - Jed Clampett



Jed Clampett adalah salah satu tokoh dalam serial komedia situasi Amerika berjudul THE BEVERLY HILLBILLIES. Sitkom ini ditayangkan di CBS dari tahun 1962 hingga 1971.
Tokoh Jed Clampett sendiri diperankan oleh Buddy Ebsen. Dalam cerita, Jed diceritakan sebagai seorang pengusaha minyak yang kaya raya. Mereka tinggal di Los Angeles County, Beverly Hills, California.
Menurut perhitungan Forbes, Jed memiliki kekayaan hingga US$ 9,8 miliar (Rp 92,12 triliun). Semuanya murni dihasilkannya dari usaha minyak dan gas alam. Benar-benar kaya!


Peringkat 3 - Carlisle Cullen



Dalam kisah TWILIGHT, Carlisle diceritakan sebagai suami dari Esme dan juga merupakan ayah angkat dari Edward, Rosalie, Emmett, Alice, dan Jasper. Awalnya, dia pun juga seorang manusia.
Pada tahun 1663, dia diserang oleh vampir dan dibiarkan sekarat di jalan. Carlisle puh menyadari bahwa dia takkan diterima lagi oleh masyarakat karena perubahan wujudnya sebagai vampir.
Dalam keadaan terdesak, Carlisle mulai bertahan hidup dengan mengandalkan darah binatang. Akhirnya dia pun bertahan hidup hingga sekarang dan menjalani profesi sebagai dokter. Jika diestimasi, kekayaan Carlisle mencapai US$ 36,3 miliar (Rp 341,22 triliun).


Peringkat 2 - Gover Bebek



Flintheart Glomgold atau lebih akrab dipanggil Gover Bebek tak lain adalah saingan berat Paman Gober. Setelah bersaing sekian lama, akhirnya Gover Bebek berhasil mengungguli Gober dan membuangnya jauh-jauh dari daftar Forbes.
Pencapaian Gover ini memang bisa dibilang luar biasa. Pasalnya, tokoh dalam cerita keluarga Bebek ini belum pernah masuk dalam daftar tokoh fiksi terkaya sebelumnya.
Tokoh Gover digambarkan sebagai sosok ambisius dengan pakaian serba hitam dan tampak kejam. Seperti halnya Paman Gober, dia memiliki gudang uang yang jumlah uangnya diperkirakan mencapai US$ 51,9 miliar (Rp 487,86 triliun). Uang itu diperoleh dari hasil menambang dan mencuri. Kekayaan Gover jauh malampaui Paman Gober yang dari catatan Forbes tahun 2011 lalu hanya mengumpulkan US$44,1 miliar (Rp 414,54 triliun).


Peringkat 1 - Naga Smaug



Tokoh ini sebelumnya hanya menduduki peringkat tujuh jajaran tokoh fiksi terkaya. Namun secara mengejutkan, namanya muncul sebagai sosok yang merajai daftar versi majalah Forbes ini.
Smaug dikenal sebagai naga penghuni Gunung Sunyi dalam cerita THE HOBBIT. Walaupun tinggal sendiri di gunung, namun naga ini memiliki kekayaan yang luar biasa.
Menurut perkiraan Forbes, Smaug memiliki kekayaan hingga US$ 62 miliar (Rp 582, 8 triliun). Sebagai tokoh fiksi yang usianya sudah sangat tua, tentunya kekayaannya bukan dalam bentuk uang melainkan berupa emas pertama dan barang berharga lainnya yang diperoleh dari hasil merampok.


SUMBER