7 Kode Etik Mutusin Pacar dengan Baik dan Benar



Jadi ceritanya kamu sudah gak tahan lagi sama pacar kamu dan pengen putus aja gitu. Tapi kamu bingung: gimana yah cara putus yang baik dan benar? Masalahnya pacar kamu agak-agak drama dan kamu agak males aja kalo gimana-gimana gitu. Nah, oleh karena itulah seharusnya kamu mengikuti kaedah dan etika putus yang baik dan benar!

1. Ajak Ketemuan

Salah satu hal paling salah yang ternyata masih cukup banyak dilakukan orang adalah mencoba memutuskan pacarnya lewat telepon atau SMS. Jangan ya. Itu gak sopan lah. Temui dia langsung dan ucapkanlah kata putus langsung dari mulut kamu.

2. Jangan Ngomong di Tempat Umum/Rame

Ini she sekedar saran. Bukannya biar privat apa gimana tapi cuma mengantisipasi kalo misalnya pacar tiba-tiba jadi histeris di tempat umum malu juga kan? Mending cari aman aja sih. Ngomongnya di rumah aja gitu. Bisa juga di mobil, di kost atau dimana aja deh, yang penting sepi tempatnya. Kalo sepi dia mau histeris kan juga santai. Eh gak santai juga sih sebenernya. Tapi paling gak kamu gak malu-malu amat gitu.

3. Bangun Situasi

Ini juga hal yang sering salah dilakukan oleh banyak orang. Pas ketemuan awalnya baik-baik aja, terus ujung-ujungnya mutusin. Kan si dia jadi kaget. Kalo mau mutusin, dari awal tuh harusnya kamu udah membangun situasi yang sendu dan membuat pasangan kamu jadi bertanya-tanya. Bisa juga dari awal sudah pasang tampang sangar bin galak. Pas dia nanya apa yang salah, itu dia kesempatan kamu untuk ngomong!

4. Kasih Alasan yang Jelas

Ini juga salah satu poin paling penting. Jangan pernah mutusin orang dengan alasan yang gak jelas, gak valid apalagi sampai mengada-ada. Salah satu contoh alasan yang gak valid adalah berusaha nyalahin mantan kamu itu atas perbuatan yang sebenernya gak pernah dia lakukan alias cuma kamu cari-cari aja. Kalo udah gitu kan keliatannya jadi kamu yang salah. Nah, mendingan kamu kasih alasan yang memberikan kesan kalo masalahnya tuh ada di kamu, seperti misalnya:

Gak ada yang salah sama kamu kok. Kamu udah sempurna. Ini semua dari aku. Aku yang kayaknya emang gak cocok bersanding dengan kamu.

5. Jangan Jelek-Jelekin si Mantan Kalo Udah Putus

Salah satu hal yang sering dilakukan orang setelah putus sama mantannya adalah menjelek-jelekkan mantannya tersebut di setiap kesempatan, karena rasanya enak aja gitu. Kan ceritanya kesel gitu abis putus. Tapi ini sebenernya gak perlu sih, karena nanti kamu keliatan jadi orang jahat gitu, kerjanya ngomongin orang di belakang. Seperti yang sudah kita bahas ribuan kali, pencitraan itu sungguhlah penting. Biarpun kamu yang mutusin, tapi kamu harus terlihat sebagai pihak yang menderita gitu lho.

6. Jangan Langsung Keliatan Seneng

Nah, ini salah banget nih. Biarpun kamu seneng banget setelah putus sama mantan kamu tersebut, jangan langsung ngetwit apalagi update status hal-hal semacam:

“Akhirnya bebas!” “yes, cari yang baru” “dunia baru menanti”

Paling nggak, kamu harus pura-pura  menghilang selama 2 hari atau lebih, biar keliatannya misterius.

7. Jangan Minta Balik

Kalo kamu yang mutusin ya jangan minta balik lah. Aneh banget sih.

Nah demikianlah tips ini dibuat. Semoga setelah ini kamu bisa menjadi manusia yang mampu mutusin pacarnya dengan baik dan benar! Selamat mencoba…


SUMBER