Cara Mengakali Hack Symbian Tanpa Sertifikat

Pernahkah anda mengalami kesulitan dalam menginstall aplikasi pada handphone symbian anda? biasanya ada peringatan sertifikat kadaluarsa. ini sering terjadi pada handphone nokia yang memerlukan cert dan key untuk melakukan hack agar dapat menginstall aplikasi yang di inginkan.

kejadian ini saya alami beberapa bulan yang lalu, ketika saya ingin menginstall aplikasi android untuk nokia ada peringatan sertifikat kadaluarsa, itu pertanda Handphone minta di hack, setiap kali melakukan hack saya selalu gagal. setelah beberapa waktu lamanya akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi sertifikat kadaluarsa ini dengan cara yang sangat mudah dan sederhana namun hasilnya lumayan membantu dan akhirnya banyak aplikasi yang dapat di install. nah...untuk mengakali cara ini dapat di lakukan sebagai berikut :

buka aplikasi yang akan di install, jika tidak dapat di install karena sertifikat kadaluarsa biarkan dulu.
buka pengaturan waktu dan tanggal, buatlah tahunnya mundur beberapa tahun dari saat ini. (contoh : tahun saat ini/di handphone 2012, ganti dengan 2011)
coba install lagi aplikasi yang tidak dapat di install tadi, jika belum bisa mundurkan lagi 1 tahun lalu install aplikasinya
jika belum berhasil, silahkan ulangi langkah 2 dan 3
selamat mencoba..