Manfaat Gaya Hidup Hijau Bagi Kesehatan




Manusia selalu ingin hidup sehat, namun masih banyak di antara kita yang belum tahu hubungan gaya hidup ramah lingkungan dengan kesehatan.

Situs Examiner menulis beberapa contoh gaya hidup ramah lingkungan yang bisa menimbulkan efek positif bagi kesehatan Anda.

Berjalan Dan Bersepeda Lebih Sering

Berjalan dan bersepeda adalah pilihan yang lebih sehat dan ramah lingkungan dibandingkan dengan menyetir. Tubuh Anda akan bergerak dan dalam prosesnya Anda bisa mengurangi polusi lingkungan.

Memiliki Kebun Sendiri

Setiap orang suka makanan sehat dan segar. Anda bisa memperolehnya dari kebun Anda sendiri. Anda juga bisa melestarikan lingkungan bila Anda ikut menanam sayuran atau membuat kebun bersama di lingkungan tempat Anda tinggal.

Mengonsumsi Makanan Organik

Makanan organik tidak hanya enak namun juga sehat karena bebas pestisida. Memilih sayuran dan buah organik juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan dari pupuk kimia dan obat pembasmi serangga atau hama tanaman.

Membeli Makanan Dari Pasar Lokal

Membeli makanan dari pasar lokal tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga bagi perekonomian rakyat. Produk dari luar tidak ramah lingkungan karena membutuhkan waktu dan biaya pengiriman yang pada efeknya menghasilkan polusi udara. Anda juga bisa lebih mudah memperoleh makanan organik dari pasar lokal.

Mengurangi Konsumsi Daging

Jumlah energi yang dibutuhkan untuk menyajikan produk daging di meja makan Anda sangat besar yang pada efeknya menimbulkan polusi dan kerusakan lingkungan. Konsumsi daging yang berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan. Jangan lupa, menghindari konsumsi daging secara berlebihan juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas dan gangguan kesehatan lain.

Hindari Konsumsi Makanan Dalam Kemasan 

Makanan dalam kemasan biasanya mengandung sodium, gula dan kalori berlebih yang tidak baik bagi kesehatan. Mengemas makanan juga membutuhkan material dan energi. Mengurangi konsumsi makanan dalam kemasan tidak hanya baik bagi lingkungan tapi juga mengurangi risiko penyakit kanker, diabetes, jantung dan obesitas.

Menghindari Membeli Minuman Dalam Botol

Minuman dalam botol mengandung bahan-bahan kimia yang berasal dari bahan plastik yang berbahaya bagi kesehatan. Minuman botol juga butuh material dan energi untuk pengemasan sebelum bisa dipasarkan. Minum air langsung dari kran (bila memungkinkan) atau menggunakan botol isi ulang lebih menyehatkan dan ramah lingkungan.

Menggunakan Energi Terbarukan (seperti energi matahari, angin dsb)

Penggunaan energi terbarukan bisa mengurangi produksi karbon dioksida  dan menciptakan udara yang bersih dan sehat. Udara yang bersih juga bisa mengurangi risiko Anda terkena kanker paru-paru dan penyakit asma dan alergi karena polusi udara.

Memakai Bahan Baku Terbarukan

Penggunaan bahan baku terbarukan bisa mengurangi listrik dan polusi industri yang menjadi penyebab hujan asam. Hujan asam adalah efek dari pelepasan gas sulfur oksida ke udara. Hujan ini meningkatkan keasaman air sungai yang bisa merusak panen dan tanaman serta berbahaya bila diminum oleh binatang.

Bekerja Dari Rumah

Jika perusahaan Anda mengijinkan, Anda bisa mengurangi polusi secara signifikan dengan bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah bisa membuat hidup Anda lebih menyenangkan, menghemat waktu dan biaya serta membantu Anda terhindar dari polusi udara.

Menggunakan Pembersih Yang Ramah Lingkungan

Pembersih rumah bisa menjadi salah satu sumber polusi berbahaya di lingkungan sekitar. Pastikan Anda memilih pembersih rumah yang mengandung bahan yang aman dan ramah lingkungan. Bahan alami seperti air cuka juga bisa menjadi pilihan.

Buka Jendela Anda Sesering Mungkin

Di rumah atau di mobil, upayakan untuk membuka jendela sesering mungkin dan hindari penggunaan pendingin ruangan agar Anda merasa nyaman dan mendapatkan pasokan udara segar yang cukup.  Dengan membuka jendela Anda juga bisa menghemat energi dan biaya.

Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Jangan pernah tergantung pada cahaya lampu untuk menerangi ruang Anda. Biarkan cahaya matahari langsung masuk ke ruangan Anda sehingga Anda bisa lebih sehat dan menghemat energi. Pencahayaan alami juga bisa membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan ketentraman hati dan kesehatan jiwa.

Nikmati Aktifitas Luar Ruang

Beraktifitas di luar ruang seperti berjalan-jalan, berlari, naik gunung, bersepeda dan mengamati tanaman dan binatang bisa membantu meningkatkan kesehatan. Bersentuhan langsung dengan alam bisa menyehatkan jiwa,  meningkatkan konsentrasi serta mengurangi kelelahan mental atau stress. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan.

Menanam Pohon

Pohon menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen ke udara sehingga baik bagi kesehatan manusia. Pohon juga bisa memperindah pemandangan.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit Yang Ramah Lingkungan

Ingin kulit Anda indah dan sehat? Pastikan Anda membeli produk perawatan kulit organik dan alami. Produk organik biasanya telah melewati tes dan menggunakan bahan-bahan alami sehingga jauh lebih berkhasiat bagi kulit Anda dan lebih ramah bagi lingkungan.

Dapatkan manfaat kesehatan bagi diri, keluarga dan lingkungan Anda dengan menerapkan semua gaya hidup di atas. Pastikan hidup yang lebih sehat dan bahagia dengan gaya hidup ramah lingkungan.


SUMBER