Cara Membuat PANCAKE

 Pagi-pagi enaknya sarapan apa yach? anak-anak kompak menjawab "Pancakeeeee...!!"
Pancake memang cocok banget untuk menu sarapan walaupun sebenarnya saya juga sering bikin pancake buat makan siang, makan malam, menu dessert, bahkan menu cemilan, hehehe. Pokoknya pancake itu memang makanan yang sebenarnya tidak kenal waktu, di makan kapan aza tetap enak & mengenyangkan pastinya. (^_^)
resep pancake
Menu sarapan favorit Bunda, Pancake standar plus cheese cream,,yummy!! 
  Nah, bikin pancake kata orang gampang-gampang susah. Ada yang pancakenya gak ngembang lah, gak bulet lah, pas di balik ancur, gosong, atau bahkan bentuknya bagus tapi rasanya gak enak, hehehe. Tapi sebenarnya kalau kita udah punya resep yang pas & cara memasak yang benar, bikin pancake itu mudah sekali looh! Ini saya kasih resep Pancake Standar, kok saya bilang standar? karena resep pancake itu ada banyak! ini adalah resep pancake yang paling standar, nanti bila anda sukses membuat yang ini saya kasih resep pancake lainnya dech. Silahkan belajar membuat pancake sendiri di rumah, kalau gagal di percobaan pertama jangan kapok untuk mencoba lagi yach!


**PANCAKE STANDAR**

Bahan Pancake :

- 200 gram tepung terigu protein sedang 

- 225 ml susu cair 

- 25 gram mentega tawar, lelehkan

- 2 butir telur, kocok lepas

- 1 sendok makan gula pasir halus 

- 1/4 sendok teh garam 

- 1 sendok teh baking powder 

- Pan / Wajan datar anti lengket 


Cara Membuat:


1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata.
2. Tuang campuran telur dan susu cair. Aduk sampai adonan tercampur rata dan lembut dengan spatula atau pengocok tangan (whisk). Tambahkan mentega cair, aduk kembali hingga rata. Diamkan adonan sesaat (sekitar 5 menit)

3. Panaskan pan / wajan dengan api sedang. Tuang sekitar 1-2 sendok sayur adonan pancake ke dalam wajan datar anti lengket selama 2-5 menit, hingga pancake terlihat mengembang atau hingga bagian bawahnya berkulit kecokelatan. Balik pancake sampai sisi satunya juga berkulit kecokelatan. Angkat. Biarkan dingin.
4. Sajikan Pancake dengan butter, taburan gula halus, siraman madu, cokelat cair, selai atau aneka buah-buahan sesuai selera. Bahkan ditambahkan es krim vanila juga enak looh!


resep pancake
Pancake bisa disajikan bersama topping kesukaan anda :-D

#CATATAN#-Bila mengingikan tekstur pancake yang tebal, tuangkan lebih banyak adonan pancake ke dalam pan. Tapi jangan terlalu banyak, atau nanti jadinya ketebelan. Nanti malah jadi kayak martabak manis, hehehe.
-Memasak pancake jangan di bolak-balik, cukup di balik 1 kali saja. Ketika memasak pancake intip sedikit bagian bawahnya sudah berwarna cokelat belum, bila sudah terlihat kecokelatan baru balik pancakenya. Bila belum berwarna cokelat diamkan dulu sesaat.

-Pan / wajan untuk memasak pancake juga berperan penting looh. P
astikan wajan anda benar anti lengket atau adonan pancake akan lengket ketika di masak. Karena kita memasak pancake tanpa minyak / margarin, memberi minyak / margarin malah akan membuat pancake cepat gosong tidak berwarna kecokelatan yang cantik.
-Sisa adonan pancake yang tidak terpakai bisa di simpan di dalam kulkas selama maximal 1 malam. Malahan hasil pancake dari adonan yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas biasanya lebih mengembang looh :-D

-Jangan menyerah bila pancake anda gagal, latihan akan membuat anda pintar membuat pancake yang 'perfect'. Percaya dech, sebelum nemu resep ini pancake saya gagal mengembang terus, kempis kayak crepes. Hahaha.



(^_~)*  HAPPY COOKING



 sumber: Ibu Muda Bijak
web: ibumudabijak.blogspot.com