Curhat cewek yang tertipu Lowongan Kerja

cewek yang terkena PENIPUAN LOWONGAN KERJA DAERAH TANGERANG

buat kalian yang sedang gencar-gencarnya mencari kerja via internet maupun selembaran, hati-hati terhadap penipuan. beberapa teman saya telah tertipu oleh pihak tidak bertanggungjawab tersebut. mereka meminta uang untuk alasan training. padahal yang saya tahu, kalopun ada training perusahaan tersebut yang menanggung bebannya. toh, training untuk memperbaiki kinerja pegawai-pegawainya yang pada ujungnya menguntungkan perusahaan tersebut.

logikanya, kita kerja buat menghasilkan duit bukan malah mengeluarkan duit.

biasanya PT abal-abal tersebut selalu berganti-ganti nama dengan lokasi yang sama. di tangerang salah satunya di serpong 'JL PAHLAWAN SERIBU, KAWASAN RUKO GOLDEN BOULEVARD BLOK C NO.10 BSD CITY SERPONG'. mereka punya beberapa nama dengan tempat yang sama. beberapa yang saya tahu bernama PT Mitra Utama Global dan PT Utama Global. mereka biasa menyebarkan lowongan lewat internet. dan mencantumkan nomor hp bukan nomor tlp kantor atau mengirimkan email yang gak jelas, sprti @ymail / @rocketmail, @yahoo, dan lain-lain. saya pernah coba-coba mengirim cv lewat email, dan ternyata gak cuma PT nya yang abal-abal, emailnya juga palsu, dan tidak terdaftar. mengenai sms, pelamar di sarankan untuk sms dengan format tertentu. setelah itu mereka akan mengirimkan sms balik kepada pelamar. kemudian mereka meminta pelamar mengirimkan sms balik untuk konfirmasi kedatangan. aneh? berkali-kali saya melamar ke perusahaan-perusahaan tidak pernah lewat sms. logikanya bagaimana mereka mempertimbangkan pelamar untuk di interview kalau lamarannya hanya lewat sms? mungkin kalo ngelamar ke pacar masih di perhitungkan. hehe :) berdasarkan ceriita teman saya yang tertipu, ia di minta uang sebesar 550 ribu. ia juga bercerita kalau klasifikasi pekerjaannya di beri tahu saat ia telah memberi uang dan tanda tangan kontrak yang sebenarnya aneh. pada saat itu ia tidak membawa uang yang cukup, si pewancara menanyai atm teman saya, dan dengan polosnya teman saya di antar si pewancara ke atm terdekat untuk memberi uangnya. kaya di hipnotis katanya. kasiaan.. 

pernah saya baca di internet si korban ingin membatalkan kerja di tempat tersebut dan tidak ingin membayar yang mereka pinta. tapi anehnya si pewanwancara tersebut menanyai uang saku di dompet sipelamar dan di minta menyerahkan uang saku seadanya. tambah aneh lagi kan? kaya pengemis.

dalam penjelasan tersebut katanya teman saya akan ditempatkan sebagai administrasi hrd, yang kerja nya tidak lain merekrut orang dan meminta uang. PT tersebut tidak menghasilkan apa-apa. mereka mendapatkan uang dari para pelamar, dan begitu seterusnya. siklus tersebut mengakar sampai sekarang. so, menurut anda uang kaya gitu halal gak sih? 

 satu lagi PT aneh di sekitar batu ceper. teman saya pernah dpt selebaran, namanya PT GSU Group. di situ di sebutkan sedang menerima lowongan kerja mendesak. katanya ia bergerak pada produksi makanan (merk makanan tidak di sebutkan) lagi-lagi aneh?

lebih anehnya lagi di situ di cantumkan gaji. dan seperti PT abal-abal lainnya mereka mencantumkan nama hrd yang di temui dan nomor hanphone bukan nomor kantor












penasaran saya atas selembaran tersebut, kebetulan teman saya yang pernah di tipu itu belum juga mendapat pekerjaan, ia mengajak saya yang kebetulan sedang mencari pekerjaan baru (bosan dengan pekerjaan saya sebelumnya). singkat cerita akhirnya saya ikut mendatangi tempat tersebut. pertama datang, saya mendapati beberapa orang yang memakai pakaian putih hitam. posisi ruko tersebut tersembunyi, terselubung, paling ujung, dan tidak terlihat. saya berbisik-bisik pada teman saya, karena merasa aneh dengan PT GSU group yang ternyata hanya sebuah ruko kecil dan jelek.

seorang pria dengan pakaian rapih memanggil kami 'cepet masuk, nanti keburu antri?' aneh lagi aja. biasanya pelamar yang mengejar-ngejar lowongan pekerjaan. ini malah lowongan pekerjaan yang mengejar-ngejar pelamarnya. di depan nya tidak ada nama PT nya, tapi ketika masuk ada spanduk besar yang tertuliskan PT GPK. jadi ini PT GSU atau PT GPK yang bener? dan reseptionist nya seorang satpam tua yang bicaranya sok di yakin-yakinkan. ketika itu kami di mintai brosur dan di menyuruh kami ke lantai 3. 

di lantai 3 kami menemui banyak lelaki berdasi yang sepertinya semuanya adalah pewawancara. kami berbisik bisik curiga atas semua keanehan tersebut. salah satunya berteriak 'besok kamu datang ke pabrik keramik yang ada di...' 

di brosur katanya produksi makanan, ini hrd nya dengan lantang bilang pabrik keramik? aneh dan aneh...??


singkat cerita kami tidak jadi melamar dan segera meninggalkan tempat tersebut. sebelum kami keluar, kami menemui seorang ibu-ibu yang sedang berdiskusi dengan suaminya. dengan rasa penasaran saya bertanya pada ibu-ibu tersebut. 'ibu ngelamar di sini juga? sudah interview? dengan bapak siapa?' ternyata ibu-ibu tersebut mendapat wawancara dengan hrd yang sama dengan kami. dengan iseng saya kembali bertanya 'terus gimana bu? di suruh apa?' dengan berbisik-bisik ia bilang di suruh bayar 350 ribu. sejurus kemudian saya meninggalkan ibu-ibu tersebut dan mengajak teman saya untuk meninggalkan pt abal-abal itu. karena saya yakin PT tersebut adalah PT tipu-tipu.

jadi buat kalian para pencari kerja, berpikiran lebih pintar sebelum melamar. biasanya PT sungguhan mempunyai alamat web resmi dan nomor telpon kantor yang jelas. dan apabila mendatangi tempat interview yang di rasa janggal, coba amati sekelilingnya. kalo aneh ya jangan di terusin, dari pada uangnya di minta pengemis berdasi?? iya kan??? cari di mbah google PT tersebut ada kabar-kabar aneh nggak?? resmi atau tidak? so keep smart yaa para pencari kerja..


 thankz kepada penulis: henni yuliani