Cara Pasti Menjadikan Mimpi Menjadi Kenyataan



Banyak orang memiliki ide-ide brilian, namun dalam melakukan ekseskusi terhadap ide-ide brilian tersebut masih belum maksimal. Memiliki desain inovatif, penemuan brilian, ide buku yang hebat ataupun konsep bisnis yang unik, pertanyaannya apa langkah yang telah dilakukan untuk mewujudkan setiap ide dan mimpi yang ada, jika Anda tidak bertindak untuk mewujudkannya maka ada kemungkinan orang lain akan mengambil alih dan mengambil ide Anda. Jadi bila Anda memiliki mimpi yang besar, ide cemerlang atau sesuatu yang baru dan lebih baik, dan Anda dapat menerapkan 7 langkah untuk mewujudkannya setiap mimpi Anda.

Mengetahui dan Menententukan Apa yang Dibutuhkan


Jeli melihat peluang adalah salah satu keterampian yang dibutuhkan untuk menelurkan ide-ide brilian. Walaupun Anda menemukan sesuatu yang baru, harus ada kebutuhan untuk ide Anda dimana orang-orang dapat menggunakan hasil karya Anda. Pernahkah Anda berpikir cara baru atau cara yang lebih baik dalam memecahkan suatu masalah? Apakah ide Anda meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat tertentu? Apakah ide Anda dapat menghemat lebih banyak waktu atau mempermudah sebuah pekerjaan? Terkadang ide brilian tidak selalu mennjawab kebutuhan yang ada, namun jika ide tersebut cukup menyenangkan, kreatif atau menarik, itu cukup mudah untuk meyakinkan orang-orang bahwa mereka membutuhkannya.

Sebelumnya Lakukan Penelitian dan Brainstorming


Setelah Anda memiliki ide sesuai kebutuhan yang ada atau membuat inovasi yang meringankan dan kreatif, saatnya untuk memcari kemungkinan. Buatlah penelitian kecil Anda sendiri. Apakah ide yang serupa telah dicoba atau berhasil di laksanakan? Carilah keberhasilan dan kegagalan, dari sebuah inovasi baru. Belajar dari kegagalan orang lain,

Pastikan Ide telah Lengkap


Jika ide Anda adalah produk yang nyata, maka kini saatnya mewujudkannya menjadi sesuatu yang memiliki konstribusi. Mulailah dengan membuat sketsa dengan memperhatikan bentuk, warna serta bahan atau jika barang Anda bersifat tidak real seperti jasa atau konsep Anda bisa menggambarnya di komputer berupa mind map.

Mengetaui dan Terus Fokus Terhadap Hasil Akhi


Sekarang jika Anda memiliki ide yang sempurna, baik dalam konsep dan penerapan, mulailah dengan mempersempit ke hasil akhir yang Anda inginkan. Terdapat begitu banyak kemungkinan, tapi Anda harus tetap fokus dan mengejar pencapaian setahap demi setahap. Sediakan waktu untuk evaluasi, perubahan atau beberapa modifikasi ide menjadi hal yang normal untuk mencapai kualitas yang lebih baik.

Dua Vitamin Motivasi dan Komitmen


Anda memiliki konsep dan gagasan tentang apa yang ingin Anda dapatkan di akhir proses, namun sudah cukupkah komitmen dan motivasi untuk menghadapi setiap rintangan yang ada, sudah siapkah Anda berkorban untuk hal-hal yang sebanding dengan kesuksesan Anda. Dengan mempersiapkan segalanya, Anda akan lebih tahan banting dan siap dalam menerima kritik, kemunduran dan hambatan.

Memiliki Dukungan Penuh


Tidak peduli seberapa besar ide Anda, jika Anda tidak mewujudkannya dalam tindakan dan tanpa dukungan, Anda akan jauh lebih berliku dalam meraih target yang telah Anda tetapkan. Temukanlah orang yang mampu memberikan dorongan dan mau mendengarkan setiap sharing Anda. Seorang individu atau kelompok yang akan jujur dan mendukung serta membantu Anda dalam tugas-tugas tertentu. Apakah produk atau bisnis, perencanaan, implementasi, dukungan keuangan bahkan moral, atau mungkin orang yang telah mewujudkan ide yang hamper sama dengan ide Anda dan bersedia berbagi pengalaman mereka kepada Anda.

Merencanakan


Setiap yang Anda butuhkan sudah tersedia, saatnya berpikir kritis, langkah-langkah apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil. Tentukan tenggat waktu yang dapat Anda penuhi, apakah ada fase dan bagilah setiap fase dengan tenggat waktu yang lebih kecil sehingga Anda mengetahui apa langkah besar Anda dan langkah-langkah kecil Anda. Dan mulailah dengan menentukan langkah pertama hari ini juga.[ariefaditya]