Inilah Makanan Dan Minuman Penyebab Insomnia

Ditulis oleh: -


Sulit tidur atau Insomnia bukan hanya berdampak pada memburuknya kesehatan, rasa jengkel juga dapat menggangu psikis anda kala harus tetap menjalakan aktifitas. Untuk itu, tak ada salahnya anda mulai menyeleksi asupan makanan.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang menjadi memicu utama bangkitnya insomnia sehingga Anda terjaga sepanjang malam, seperti dikutip dari boldsky, Selasa (5/2/2013):

1. Kafein



Sudah sejak lama diketahui mengonsumsi kafein bisa memicu insomnia. Disadari atau tidak, kafein ini telah menjadi bagian hidup kita karena terkandung dalam teh, kopi, cokelat, dan minuman berenergi. Jadi, ketika mendekati waktu tidur, sebaiknya Anda jauh-jauh dari kafein.

2. Alkohol



Alkohol bertanggung jawab pada masalah dehidrasi yang menyebabkan terganggunya tingkat serotonin sehingga menyebabkan sulit tidur. Kalaupun bisa tidur, maka penenggak alkohol akan sering terbangun dari tidurnya.

3. Makanan Tinggi Protein



Makanan tinggi protein seperti daging merah sulit untuk dicerna. Makanan tersebut akan membuat Anda sulit merem karena menghambat produksi serotonin. Alhasil Anda akan terjaga sepanjang malam.

4. Makanan yang Menghasilkan Gas



Makanan yang menghasilkan gas akan menjadi masalah bagi mereka yang memiliki sakit maag. Makanan ini akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Nah, agar mendapatkan tidur yang baik maka jauhilah makanan pedas dan makanan yang memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan brokoli.

5. Makanan Manis



Makanan yang banyak mengandung gula akan meningkatkan energi sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Maka itu hindari makan makanan manis seperti cake dan cokelat yang bisa menjadi penyebab utama insomnia.

6. Produk Susu



Makanan yang mengandung susu tinggi lemak, dadih, keju dan mentega sulit untuk dicerna. Akhirnya makanan itu menyebabkan mulas dan imbasnya Anda sulit tidur.

7. Makanan Cepat Saji



Tak diragukan lagi makanan cepat saji alias fast food adalah penyebab insomnia. Sebab makanan tersebut bukan saja tinggi lemak, namun juga pedas. Jika Anda makan makanan cepat saji seperti burger atau tacos sebelum tidur, hampir bisa dipastikan Anda pasti akan terjaga dalam waktu lama.

8. Air Minum



Minum air dalam jumlah banyak memang bagus, tapi jangan dilakukan pada saat malam hari menjelang tidur. Sebab kebanyakan minum akan membuat Anda sering buang air kecil, akibatnya kantuk pun hilang.

9. Makanan Kemasan



Makanan kemasan atau olahan dikenal sebagai makanan yang sensitif. Jika makanan ini dimakan pada waktu malam hari maka akan menyebabkan mulas lantaran tingginya lemak yang dikandung.