Kendaraan Di China Hampir Samai Jumlah Penduduk Indonesia

Ditulis oleh: -






Beijing - Bila di Indonesia kendaraan bermotor baik mobil, motor atau truk hanya berjumlah sekitar 20 jutaan saja, di China populasi kendaraan bermotor nampaknya telah mencapai angka yang mengkhawatirkan pemerintah setempat. Bukan apa-apa, jumlah kendaraan bermotor di China ternyata mencapai angka 240 juta unit, hampir menyamai jumlah penduduk Indonesia.



Tingginya populasi kendaraan bermotor di China telah menjadi isu lokal sejak beberapa tahun lalu. Sebab, dengan tingginya populasi kendaraan, kemacetan telah menjadi makanan sehari-hari warga kota besar di sana. Belum lagi polusi udara yang sudah terbilang sangat berbahaya.



Dilansir Bloomberg dan dikutip Autoevolution, angka mobil yang teregistrasi di negeri tirai bambu pada tahun lalu saja telah mengalahkan total mobil yang ada di China pada tahun 1999. Dan itu terjadi hanya berselang 14 tahun saja.



Kementerian Keamanan Publik China mempublikasi kalau di negeri itu saat ini ada 240 juta kendaraan yang setengahnya adalah mobil pribadi. Dengan begitu, jumlah kendaraan bermotor di China sama dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia.



Hal itu tidaklah mengherankan, sebab di tahun 2012 lalu saja ada 15,1 juta mobil baru yang terdaftar dan tahun ini diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 20 juta unit menyusul banyaknya produsen internasional yang membuka pabrik di negeri itu. Bandingkan dengan penjualan mobil Indonesia yang di 2012 "hanya" menyentuh angka 1 juta unit saja.



Penjualan mobil di China memang besar. Bahkan yang terbesar di dunia. China telah mengalahkan Amerika Serikat sejak beberapa tahun lalu sebagai negara dengan pasar mobil terbesar di dunia.