Menangis ternyata baik untuk kesehatan

Ditulis oleh: -
23.jpg
telah banyak institut besar di dunia melakukan penelitian tentang efek sehat dari menangis, maka hari saya akan meberikan informasi tentang sehat nya menangis.
Menangisi sesuatu sebagai akibat dari perbuatan sendiri, dinilai oleh para ahli memberikan lebih banyak manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental. Contohnya setelah melakukan sebuah kesalahan serius yang membuat orang lain menderita.

"Menangis dalam kondisi seperti ini bisa membantu Anda mencapai pemahaman yang lebih baik tentang keadaan yang melibatkan Anda di dalamnya," jelas Lauren Bylsma, penliti dari University of South Florida seperti dikutip dari Health24, Senin (17/9/2012).

Tangis yang pecah saat bertengkar dengan orang terdekat, baik pasangan maupun sahabat juga bisa memberikan manfaat sehat. Menurut Bylsma, tangisan pada kondisi tersebut juga bisa memberikan perubahan positif misalnya munculnya inisiatif untuk minta maaf.

Sebaliknya, menangis karena hal-hal yang sifatnya eksternal misalnya menonton film sedih atau menyaksikan peristiwa dramatis. Bylsma mengatakan, dalam situasi yang berada di luar kontrol seseorang maka tangisan tidak akan terlalu bermanfaat.

Sementara itu, beberapa manfaat sehat yang bisa didapat saat menanggisi hal-hal yang bersifat positif antara lain sebagai berikut.
1. Menyembuhkan sakit mata Air mata yang keluar saat menangis akan membasuh seluruh permukaan bola mata. Penelitian di British Journal of Opthalmology mengungkap bahwa air mata mengandung senyawa lysozymes yang bersifat antibakteri segingga bisa meredakan infeksi pada mata.
2. Meredakan stres Menangis untuk alasan yang tepat bisa menurunkan denyut nadi, sehingga bisa memberi efek menenangkan.
3. Memberi efek melegakan Penelitian menunjukkan, 90 orang percaya bahwa saat menangis adalah cara paling efektif untuk melepaskan perasaan-perasaan yang selama ini terpendam.
4. Mempererat hubungan Pakar biologi evolusiner dari Tel Aviv university pernah mengatakan, air mata bisa menjadi sinyal bagi orang lain untuk saling mempererat ikatan pertemanan maupun persaudaraan serta memperbaiki hubungan.

sumber :hup://gadisjembi.blogspot.com/2013/04/menangis-baik-bagi-kesehatan.html