Sawah Unik Dengan Hiasan 20.000 Lampu Led

Sobat ANEKA SAINS, kali ini kita berkunjung ke tokyo, Jepang. Skali-kali boleh dong, tuk skedar melepas penat. Ada yang menarik di luar Tanah air kita tercinta. Ya,, seputar teknologi. Tepatnya penggabungan antara teknologi dan seni.

Perkembangan teknologi light-emitting diode (LED) ternyata tak hanya ada dalam industri digital ataupun industri lainnya, namun juga sudah merambah ke dunia seni. Contohnya ada pada area sawah di Jepang ini.



Jika sawah identik dengan warna hijau dan kuning, tidak dengan sawah di Shiroyone Senmaida, Jepang ini. Area persawahan ini memiliki warna unik di malam hari karena diterangi oleh 20 ribu lampu LED yang ditenagai oleh energi matahari.

Dilansir Dailymail, area persawahan ini berada di Semenanjung Noto, yang kaya akan keberagaman dengan iklim relatif hangat. Area ini pun terletak di atas lereng curam dengan latar belakang Laut Jepang.



Area persawahan yang membentang seperti mosaik ini memiliki luas sekitar 12 ribu meter persegi dengan 2.000 saluran irigasi yang memasok air untuk pertanian.

Image persawahan yang gelap dan menakutkan pada malam hari, kini berubah menjadi tempat indah dan romantis dengan kehadiran rangkaian lampu LED merah muda.



Karena keunikannya ini, areal persawahan tersebut tercatat di Guinness Book of Record sebagai warisan pertanian penting dunia atau GIAHS (Globally Important Agricultural Heritage Systems) pada 2011.